CARA APLIKASI EPOXY LANTAI

CAT EPOXY sangat banyak digunakan untuk pengecatan lantai, dinding maupun plafon suatu ruangan yang membutuhkan keadaan bersih dan steril. Cara Aplikasi Cat Epoxy Lantai banyak ragamnya. Di sini saya akan memberikan sedikit tips cara aplikaksi epoxy lantai agar bisa mendapatkan hasil yang halus, mulus dengan tampilan yang maksimal. Medan yang akan kita cat epoxy pun beragam, ada lantai cor dengan grade tertentu misalnya grade K-225 yang sudah di floorhardener, atau sudah di trowel finish, ada lantai cor tanpa melalui proses finish trowel mengunakan mesin trowel, ada lantai plesteran dengan permukaan acian, ada lantai dengan permukaan sudah ditutup dengan keramik, tegel maupun teraso, dan lain sebagainya. tentu cara pengecatnya / aplikasinya berbeda-beda. Di sini saya akan memberikan tips bagaimana caranya agar aplikasi epoxy lantai mendapatkan hasil yang masimal dan memuaskan pada lantai trowel floorhardener. Langkah awal untuk memulai aplikaksi epoxy lantai adalah kita harus memastikan dahulu bahwa lantai tersebut sudah kering, dengan cara menganalisa, seluruh bagian lantai tersebut. Secara umum lantai cor membutuhkan waktu selama 28 hari untuk bisa kering sempurna, dan hal ini juga dipengaruhi oleh cuaca dan kelancaran udara yang bisa dengan mudah keluar masuk ruangan. Semakin lancar udara yang keluar masuk ruangan, maka semakin cepat lantai cor beton untuk kekring sempurna. Berbeda jika ruangan lantai cor tidak memiliki fentilasi yang baik alias ruangan tertutup, ruangan tertutup dengan pertukaran udara yang minin akan memperlambat pengeringan lantai yang akan di cat / aplikkasi dengan cat epoxy lantai. Untuk memastikan bahwa lantai telah kering sempurna atau belum, kita dapat melakukan test sederhana dengan cara menaruh plastik ukuran 1 m2 ke permukaan lantai dan meplester bagian pinggir plastik tersebut, dan dibiarkan selama 3-4 hari. Jika lantai telah kering sempurna hal ini ditandai dengan tidak adanya embun yang terperangkap ke dalam plastik tersebut. Jika plastik tadi berembun, itu artinya lantai belum benar-benar kering dan masih mengeluarkan titik-titik air.
Jika lantai telah benar-benar kering, langkah selanjutnya adalah membuat lantai tersebut menjadi kasar dengan cara grinding maupun pengamplasan, hal ini bertujuan agar cat epoxy dapat melekat dengan sempurna pada permukaan lantai beton. Setelah seluruh permukaan lantai di grinding maupun di amplas, tahap selanjutnya adalah pembersihan lantai dari kotoran / debu hasil gring tersebut. Setelah lantai bebas dari debu, segera lakukan aplikasi cat epoxy primer. Cat epoxy primer dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya aplikasi menggunakan roll. Aplikasikan cat epoxy primer dan tunggu sampai kering sempurna, rata-rata epoxy primer akan kering dalam waktu kurang lebih 8 jam.
Setelah cat epoxy primer kering, kita lakukan aplikasi selanjutnya, baik itu bodycoat, undercoat dan lain sebagainya. Setelah tahapan diatas dilalui, tiba gilirannya aplikasi cat epoxy finish. Sebelum Aplikasi epoxy finish, kita harus memastikan dahulu cat yang telah teraplikasi rata setelah melalui proses pengamplasan. Selanjutnya aplikasikan finishcoat epoxy secara merata dengan konsumsi yang telah direncanakan. Cat epoxy fiishcoat rata-rata akan kering dalam waktu kurang lebih 8 jam untuk kkering sentuh, dan 24 jam untuk kering sempurna.
cara aplikasi epoxy lantaiNah itulah sedikit tips dan cara pengaplikasian cat epoxy lantai secara sederhana. Jika anda ingin memiliki lantai rumah, hotel, perkantoran, ruangan parkir, laboratorium, lantai pabrik, industri makanan dan lain sebagainya, segera hubungi kami untuk mendapatkan jasa aplikasi epoxy lantai dengan harga murah, kualitas baik. Hubungi kami di 081218404112 / WA 085652425955.
Pemborong Epoxy Lantai, Tukang Epoxy Lantai, Kontraktor Epoxy Lantai, Tukang PU Flooring