Tahapan Pengerjaan Epoxy Lantai

Tahapan Pengerjaan Epoxy Lantai Jasa Epoxy untuk wilayah Yogyakarta, Solo, Klaten, Magelang, Boyolali dan sekitarnya
A.      Tahapan Pengerjaan
Tahap pengerjaan di bagi menjadi 2 bagian yaitu :
Tahap Persiapan dan Tahap Aplikasi.
-          Tahap Persiapan
1.       Tahapan persiapan lantai
Yaitu pembersihan permukaan lantai beton atau lantai keramik dari debu dan kotoran dan juga pembersihan dari sisa-sisa bahan kimia maupun minyak, oli dan sebagainya, supaya nantinya Cat Dasar atau Premer Epoxy dapat melekat pada permukaan lantai beton maupun keramik dengan kuat dan sempurna.
2.       Perataan lantai atau Leveling
Perataan lantai atau leveling dilakukan supaya permukaan lantai beton maupun lantai keramik lebih rata, tahap perataan lantai ini dilakukan dengan meratakan bagian-bagian permukaan lantai yang menonjol dengan cara dipapras menggunakan alat  gerinda tangan maupun gerinda dorong. Pekerjaan perataan ini dilakukan sampai semua permukaan lantai benar-benar rata, pada proses ini diharapkan paling tidak permukaan lantai menjadi lebih rata dan halus.
3.       Pendempulan lantai
Setelah lantai memiliki permukaan yang rata, maka tahap selanjutnya adalah pendempulan. Dimana pendempulan ini dilakukan pada bagian-bagian permukaan lantai yang yang berlubang, retak, tergores maupun pecah. Adapun bahan dempul yang dipakai adalah bahan dempul yang telah direkomendasikan oleh pabrikan dari jenis dan merek cat epoxy itu sendiri maupun menggunakan dempul yang banyak terdapat di pasaran dengan harga dan kualitas tertentu.
4.       Pengampelasan
Setelah permukaan lantai yang bermasalah / retak, berlubang dll sudah ditutup dengan dempul, maka tahap selanjutnya adalah pengampelasan. Pengampelasan dilakukan untuk menghaluskan dempul yang melekat pada permukaan lantai, supaya permukaan lantai menjadi rata. Dan perlu di ingat bahwa pendempulan ini lebih baik dilakukan jika dempul telah benar-benar kering. Karena jika melakukan pengampelasan dempul saat belum benar-benar kering, maka bisa mengakibatkan dempul tersebut goyang, yang mengakibatkan kurang kuatnya kontak antara dempul dengan permukaan lantai.
5.       Pembersihan
www.epoxysolo.blogspot.com
Lantai Epoxy
Tahap selanjutnya adalah pembersihan total dari lantai yang sudah dilakukan leveling, dilanjutkan dengan pendepulan serta pengampelasan. Pembersihan ini hendaknya dilakukan dengan sangat cermat dan sangat teliti. Pertama-tama bersihkan dahulu lantai dengancara disapu, disapu hingga bersih. setelah dirasa cukup bersih, bisa ditandai dengan tidak adanya debu yang tgerlihat beterbangan, maksa selanjutnya dilakukan penyedotan debu menggunakan Vacum Cleaner. Setelah dirasa cukup, maka terakhir adalah pengepelan/ mengepel lantai. Pengepelan dilakukan sampai benar-benar bersiih, hal ini bisa ditandai dengan semakin jernihnya air di ember ketika pel kita celupkan ke dalam air ember tersebut, karena artinya debu yang menempel pada kain pel semakin sedikit.
B.      Tahap Aplikasi
Aplikasi dilakukan 3 sampai empat kali, yatu meliputi :
-          Aplikasi Premer / lapis pertama
-          Aplikasi Base Cote
-          Aplikasi Body Cote
-          Aplikasi Top Coat / lapisan terakhir.             

Silahkan lihat juga: Portofolio Proyek Epoxy CV FLORINDO KARYA